Penyakit autoimun timbul dari respon imun yang abnormal dari tubuh terhadap zat dan jaringan yang biasanya hadir dalam tubuh (autoimunitas). Dimana sistem kekebalan salah mengidentifikasi benda asing, dimana sel, jaringan atau organ tubuh manusia justru dianggap sebagai benda asing sehingga dirusak oleh antibodi atau sistem kekebalannya sendiri. Penyakit autoimun tidak menyebar kepada individu lainnya sebagaimana penyakit infeksi. Dibutuhkan terapi autoimun yang tepat sesuai penyakitnya.

Latar Belakang

Penyakit Autoimun saat ini sudah mencapai 137 macam penyakit menurut AARDA. Banyaknya penyandang yang belum memahami betul tentang penyakit ini dan gejala yang beragam membuat mereka semakin bingung dokter spesialis mana yang harus mereka kunjungi. Serta banyak penyandang autoimun yang masih belum terdeteksi, walaupun gejala khasnya sudah muncul.

Para dokter umum di Klinik Konseling Autoimun sebagai dokter-dokter umum pemerhati penyakit autoimun tergerak untuk membuka klinik konseling, edukasi dan hipnoterapi untuk membantu penyandang autoimun, yang berfungsi sebagai garda depan, yaitu sebagai dokter yang membantu mengarahkan ke dokter spesialis yang tepat, sebagai tempat curhat pasien autoimun, membantu mengedukasi pola hidup sehat, serta membantu pasien agar memiliki mindset positif dalam menjalankan kehidupannya.

VISI

Menjadi sarana kesehatan komprehensif yang membantu penyandang autoimun di seluruh indonesia.

MISI

  1. Sebagai sarana kesehatan untuk skrining awal penyakit autoimun
  2. Sebagai sarana kesehatan yang mengedukasi para penyandang autoimun
  3. Sebagai sarana konsultasi kesehatan para penyandang autoimun dalam mengarahkan ke penanganan yang tepat
  4. Sebagai sarana kesehatan yang membantu para penyandang autoimun untuk memiliki mindset yang lebih positif dengan hipnoterapi
  5. Sebagai sarana kesehatan yang memiliki fasilitas terbaik untuk meningkatkan taraf kesehatan para penyandang autoimun

Gejala dan Jenis-Jenis Penyakit Autoimun

Gangguan autoimun dapat mempengaruhi hampir setiap organ dan sistem tubuh. Beberapa gangguan autoimun meliputi:

  • Diabetes Melitus (Tipe I) – mempengaruhi pankreas. Gejala termasuk haus, sering buang air kecil, berat badan turun dan lebih rentan terhadap infeksi.
  • Penyakit Graves – mempengaruhi kelenjar tiroid. Gejala termasuk penurunan berat badan, detak jantung meningkat, kecemasan dan diare.
  • Penyakit radang usus – termasuk ulcerative colitis dan mungkin, penyakit Crohn. Gejalanya meliputi diare dan sakit perut.
  • Multiple sclerosis – mempengaruhi sistem saraf. Tergantung pada bagian mana dari sistem saraf yang dipengaruhi, gejala dapat termasuk mati rasa, kelumpuhan dan gangguan penglihatan.
  • Psoriasis – mempengaruhi kulit. Fitur termasuk pengembangan, sisik kulit memerah tebal.
  • Rheumatoid arthritis atau Rematik – mempengaruhi sendi. Gejala termasuk sendi bengkak dan sakit. Mata, paru-paru dan jantung juga dapat terlibat.
  • Scleroderma – mempengaruhi kulit dan struktur lainnya, menyebabkan terbentuknya jaringan parut. Fitur termasuk penebalan kulit, borok kulit dan sendi kaku.
  • Sistemik lupus eritematosus atau SLE (Penyakit Lupus)  – mempengaruhi jaringan ikat dan dapat menyerang sistem organ tubuh. Gejala termasuk peradangan sendi, demam, penurunan berat badan dan ruam wajah yang khas.

Layanan Kami

Konseling dan Edukasi Penyakit Autoimun

Anda curiga anda menyandang penyakit autoimun? Anda bingung sebaiknya ke dokter spesialis mana untuk memeriksakan diri? Jangan kuatir, dokter-dokter kami siap membantu mengarahkan anda.

Anda seorang penyandang autoimun namun masih belum paham mengenai penyakit autoimun terutama penyakit autoimun yang anda idap? Anda ingin menjalankan pola hidup sehat yang sesuai untuk anda namun bingung bagaimana menjalankannya? Tak perlu gusar, dokter-dokter kami siap untuk membantu anda.

Silahkan hubungi kami untuk dapat mendaftarkan diri anda.

Jadwal:

Senin-Sabtu Pk. 11.00-20.00

Hipnoterapi

Anda merasa stress atau depresi? Sulit tidur? Sulit menerima hidup dengan penyakit autoimun? Barangkali anda dapat terbantukan dengan hipnoterapi bersama salah satu dokter kami yang sudah tersertifikasi untuk hipnoterapi.

Silahkan hubungi kami untuk dapat mendaftarkan diri anda.

Jadwal:

Senin-Sabtu Pk. 09.00-20.00

Klinik Konseling Autoimun juga melayani pasien umum selain penyakit autoimun, dengan perjanjian

Silahkan hubungi kami untuk dapat mendaftarkan diri anda.

Jadwal:

Senin, Rabu, Sabtu Pk. 09.00-20.00

Selasa, Kamis, Jumat Pk. 16.00-20.00

Dokter Kami

dr. Eliza Mirabella, CHt

dr. Eliza adalah seorang dokter umum yang mengenyam pendidikan kedokterannya di Universitas YARSI. Pengalaman praktek di RS dan klinik selama 10 tahun. Saat ini juga bekerja di klinik perusahaan, di Jakarta. Dokter bersahaja ini adalah penggagas Klinik Konseling Autoimun. Beliau seorang dokter pemerhati penyandang autoimun, yang telah tersertifikasi dan mendalami Hipnoterapi, EFT/SEFT dan selama ini telah membantu pasien-pasien penyakit kronik, khususnya autoimun, melalui konseling, edukasi dan hipnoterapi dalam usaha pemulihan kondisi penyakitnya.

dr. Andini S. Natasari, MRes Immunobiology

dr. Andini adalah seorang dokter umum alumni Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Dokter yang pernah bekerja di Klinik Genetika Eijkman ini kemudian melanjutkan pendidikan S2 ke Medical School Newcastle University di Inggris untuk mendalami immunobiology, genetics of common diseases dan stem cells and regenerative medicine. Di Inggris, dr. Andini berkesempatan untuk mendapatkan pelatihan selama 2 minggu di Nuffield Department, Oxford University untuk penelitian S2-nya terkait fatigue pada penyakit autoimun Sindrom Sjögren Primer.

dr. Maureen

dr. Maureen adalah seorang dokter umum lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang pernah bekerja sebagai dokter PTT di RS Bina Husada Cibinong selama 3.5 tahun. Dokter awet muda ini kemudian praktek di RS Medistra selama 5,5 tahun. Saat ini dokter baik dan ceria ini bekerja sebagai dokter umum di Pullman Hotel Jakarta Central Park. Selama bekerja di RS medistra, dr. Maureen pernah memimpin Colon Cancer Registry. Prestasi yang pernah diraihnya adalah juara poster presentation di Asia Pacific Cancer Congress dan oral presentation di Asia Pacific International Pathology Conference. Semakin bertambahnya kasus Autoimun di Indonesia yang kebanyakan adalah penyakit kronik (seperti kanker yang juga penyakit kronik) sedangkan masih belum banyak tenaga ahli atau awam yang memiliki pengetahuan cukup mengenai penyakit autoimun membuat dr. Maureen tergerak untuk lebih dalam mempelajari dan memberikan perhatian pada penyakit autoimun dan penyandangnya.

Dr Endang Rahmawati, SpMK, LM CTC

Dr Endang Rahmawati, SpMK, LM CTC adalah dokter lulusan Univ YARSI yang mengambil spesialisasi Mikrobiologi di FKUI. Saat ini, selain praktek di Klinik Konseling Autoimun juga bertugas di RS Fatmawati dan menjadi dosen Fakultas Farmasi di Univ UHAMKA. Selain mendalami Mikrobiologi, dokter ini juga sangat tertarik dengan hipnoterapi, SEFT dan Creative Trauma Cleansing (CTC). Passionnya adalah menolong pasien-pasien dengan penyakit kronis melalui ketiga tehnik ini. Saat ini dr Endang sudah membantu pasien Stroke dan Cancer untuk bisa menghadapi penyakitnya dengan lebih ikhlas. Sehingga pemulihan penyakitnya menjadi lebih mudah.


Klinik Konseling Autoimun berada di dalam Klinik Guntur

Klinik Guntur
Jl. Guntur no. 32-36, Setiabudi, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia
(Seberang Pasar Manggis)

Telp / SMS : 087851310438
WA Only : 08151872331